Tuesday, May 13, 2014

Kawasan Gunung Karang



Kordinat lokasi : -6.270082,106.051168


Informasi lokasi : Gunung Karang adalah gunung berapi yang terdapat di bagian barat dari Banten, Indonesia. Salah satu gunung berapi aktif di Provinsi Banten adalah Gunung Karang, terletak di Kabupaten Pandeglang, sekitar 20 km sebelah selatan kota Serang. Tidak ada sejarah letusan yang bisa ditemukan, namun data arkeologis memasukkan gunung ini ke dalam kelompok gunung stratovolkano yang memiliki potensi meletus.

Memiliki puncak setinggi 1.778m dpl, lebih dikenal sebagai gunung wisata ziarah. Pada bulan-bulan tertentu, biasanya bulan Maulid (Rabiul Awal), jumlah pengunjungnya melonjak tajam. Mereka kebanyakan peziarah yang ingin menziarahi petilasan Tb Jaya Raksa, sesepuh Kerajaan Banten yang terletak di Desa Kaduengang.

Melihat Gunung Karang yang terbaring diam di Pandeglang, tak berlebihan jika kita menjulukinya sebagai raksasa yang tengah tertidur tenang, dengan berbagai potensi yang terpendam dalam. Bukan saja karena potensi letusan sebagai gunung berapi aktif, namun juga potensi wisata yang masih belum tergali secara maksimal.
Alamat : kawasan kabupaten Pandegelang – Banten

No comments:

Post a Comment