Tuesday, May 13, 2014

Situ Gintung




Kordinat Lokasi : -6.30472,106.762193


Informasi lokasi:

Situ Gintung adalah danau kecil buatan yang terletak Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Lokasi danau ini berada di sebelah barat daya kota Jakarta. Danau seluas 21,4 ha (2008) ini telah berubah fungsi, dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman.

Taman Wisata ini terletak di  Desa Cirendeu, tepatnya di Jalan Kertamukti, daerah Pisangan Raya No.20, Tangerang Selatan, Ciputat Timur, Banten. Meski wilayah tersebut sudah lintas provinsi, letaknya tak jauh dari Terminal Bus atau Lapangan Bola Lebak Bulus di Jakarta Selatan. Taman Wisata ini  juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap loh, baik untuk anak-anak dan kegiatan-kegiatan lain yang cukup besar.

Taman Wisata ini memiliki macam-macam fasilitas untuk pengunjung wisata seperti saung untuk bersantai, seperti kolam renang baik anak-anak ataupun dewasa, outbound,  studio band dan lapangan futsal dan fasiltas lainnya yang menarik untuk pengunjung. Letak posisi memang tidak begitu persis dan tepat di pinggir jalan, namun untuk akses kesana cukup mudah.  

Untuk kawasan wisata ini tiket masuk yang ditawarkan tergolong cukup murah yaitu seharga Rp 20 ribu untuk hari biasa /hari kerja dan Rp 30 ribu untuk Sabtu dan Minggu. Di dalam areal wisata ada tiga arena kolam renang tentunya dengan kedalamannya yang berbeda-beda, mulai dari kolam renang yang kedalamannya 50 cm untuk anak-anak sampai dengan yang kedalamanya mencapai 2,6 meter, yaa tentunya iniorang dewasa.  Buka hanya itu saja,  papan luncur pun yang suda disiapkan bisa kita coba dan jajal, juga terdapat 2 buah papan luncur mini untuk anak-anak yang dapat membuat mereka cukup senang.

 Adang mengatakan "kalau hari kerja atau biasa, yang berkunjung kesini itu kebanyakan anak sekolahan. Yang berkeluarga biasanya datang kesini pada hari Sabtu dan Minggu (weekend). Merekapun berasal tidak jauh dan masih berada di daerah sekitar ini,” selaku staf informasi di Taman Wisata Pulau Situ Gintung. Pulau Situ Gintung yang telah ada sejak dari kita kecil sebelum tanggul Situ Gintung jebol telah menyediakan saung yang jumlahnya belum seperti sekarang. Nah, selagi anak-anak kita berenang, kita pun dapat menikmati sebuah hidangan sambil mencari sebuah hiburan di dalamnya.

 Adang menambahkan “Saung juga dapat disewakan untuk acara seperti Reuni, Ulang tahun dan lainya, letak saungnya pun bukan di pinggir kolam renang saja ada juga yang berada di bawah pemandangan rumput-rumput hijau. Kapasitas atau daya tamping saung disini di sini bisa memcapi 50 s/d 100 orang".

 “Ini salah satu taman wisata yang begitu murah meriah ya. Saya sendiri baru pertama kalinya ke sini, tapi saya sudah mulai memplenningkan wisata selanjutnya ke tempat ini. Tempatnya cukup bagus, airnya cukup bersih dan sangat sesuai sama harga yang kita bayar,” ungkapTiti, salah satu orangtua siswa MI RPI yang berdomisili di Jakarta Selatan.

"wah, koq beda judul sama isinya, bukannya seharusnya kita membahas Danau Situ Gintung?"

Karena Danau Situ Gintung bukan lagi tempat wisata, makanya diatas saya bilang "Coba kita berjalan sedikit ketempat sebelah atau tentangga". Nah, buat yang belum pernah ke tempat wisata ini, silahkan di coba, pasti ga bakal nyesel.
Alamat : Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419, Indonesia

No comments:

Post a Comment