Tuesday, May 13, 2014

Pemandian Mata Air Cikoromoy



Kordinat lokasi : -6.326815, 106.022615


Informasi lokasi: Pemandian umum Cikoromoy berasal dari sumber mata air yang berada di Kp. Cikoromoy, dahulu sumber mata air ini berada ditengah hutan yang dikelilingi oleh hutan belantara dan pepohonan yang tingi dan besar-besar. Makin lama penduduk setempat memakai sumber air ini untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, memasak, mencuci pakaian bahkan untuk memberi minum dan memandikan ternak penduduk setempat di sumber air tersebut. Selain itu sumber mata air Cikoromoy tidak pernah mengalami kekeringan pada saat musim kemarau. Selain mengairi pesawahan, sumber air ini pula yang digunakan oleh Pemkab Pandeglang untuk PDAM yang mengairi perumahan yang ada diwilayah pandeglang.

Tiket masuk Rp. 10.000

Akses

Dari tol Jakarta-Merak, keluar pintu tol Serang Timur, dan belok ke kiri ke Jl. Jakarta. Setelah melewati terminal bus Pakupatan, belok ke kanan pada lampu merah pertama, dan ikuti terus jalanan sampai ke kota Pandeglang. Bertanyalah arah ketika sampai di alun-alun kota pada foto di atas.
Setelah sekitar dua jam perjalanan dari pintu tol, anda akan bertemu dengan pertigaan dengan tanda arah ke Batu Quran, namun tidak ke Cikoromoy. Anda bisa lurus mengikuti arah ke Batu Quran itu atau belok ke kiri dan sekitar 100 meter kemudian belok ke kanan, masuk ke jalan yang hanya bisa muat untuk satu kendaraan. Ikuti jalan ini, dan anda akan sampai ke Pemandian Cikoromoy.
Sebaiknya anda pergi ke sana tidak pada hari libur nasional, karena anda bisa terjebak dalam kemacetan yang cukup panjang ketika menuju atau pergi dari tempat itu.

Alamat : Kurungkambing, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Indonesia 
Sumber : http://thearoengbinangproject.com/pemandian-cikoromoy-pandeglang/

No comments:

Post a Comment